Jumat, 20 Desember 2013

Mayoritas pengakses internet ternyata bukan manusia

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna perangkat mobile, jumlah pengguna internet juga diprediksi akan semakin meningkat.
Namun begitu sebuah riset terbaru menunjukkan bahwa mayoritas pengakses internet ternyata bukan manusia.


Hasil riset Incapsula menunjukkan sekitar 61,5% pengakses internet ditahun 2013 adalah mesin atau lebih dikenal dengan sebutan Bot. Sedangkan 38,5% lainnya memang diakses oleh manusia. Mayoritas aktivitas yang dilakukan oleh bot bervariasi, mulai dari sebagai search engine, hacking tools, menyebarkan spam, hingga aktivitas lainnya. Tahun ini terjadi peningkatan jumlah bot jika dibandingkan tahun lalu yakni sebesar 51%.Meningkatnya jumlah bot disinyalir terkait dengan semakin mudahnya membuat atau mendapatkan program.
UBot Studio merupakan salah satu software yang bisa didapatkan seharga USD 300 dan memungkinkan orang-orang yang tidak mengerti bahasa pemrograman menjadi bot.

Riset yang dilakukan selama 90 hari di 249 negara di dunia ini berhasil mengamati 1,45 miliar kunjungan bot. Sekitar 20.000 situs di jaringan Incapsula menunjukkan jika dominasi pengunjung web dan penyebar spam serta malware bukan dari kalangan manusia.