Selasa, 17 Desember 2013

Lenovo A390 Android murah dengan vitur unggulan

Tidak hanya didominasi oleh berbagai macam ponsel kelas atas semacam HTC One dan Samsung Galaxy S4, persaingan ponsel Android juga cukup memanas di kelas menengah kebawah. Selain didominasi oleh berbagai merek yang sudah terkenal, persaingan di kelas ini jug diramaikan oleh para pendatang baru dan para vendor local. Salah satu vendor yang baru-baru ini mengeluarkan ponsel Android murah terbarunya dalah Lenovo yang mengeluarkan Lenovo A390. Ponsel besutan produsen asal negeri tirai bamboo itu diharapkan dapat mendobrak dominasi produsen kelas atas yang sudah malang melintang di Android.Meskipun dilabeli sebagai ponsel Android murah, namun spesifikasi serta performa yang disuguhkannya tidaklah murahan. Pasalnya, ponsel ini membawa spesifikasi yang mirip dengan ponsel yang ada di atasnya.

Penasaran apa saja kelebihn yang disuguhkan oleh ponsel Android murah Lenovo A390 ini? Simak ulasan berikut ini.

Desain / Dimensi / Berat
Dari segi desain, Lenovo A390 mengusung desain candybar dengan garis lengkung pada setiap sudutnya yang khas. Walaupun mengusung body berbahan plastik, namun ponsel Lenovo ini tampak sedikit lebih berbeda dengan penambahan lis alumunium yang menambahkan kesan premium. Lenovo juga menempatkan tombol volume di sisi kanan dan tombol power di sisi atas ponsel ini, dan untuk tombol navigasinya ponsel ini mengandalkan tombol sentuh.


Untuk hal dimensi, Lenovo sendiri memiliki dimensi sebesar 125.6 x 64 x 10.1 mm dan berat sebesar 131 g. menariknya, ponsel ini juga hadir dalam dua pilihan warna yang berbed yaitu hitam dan putih.Layar Di sisi layar, Lenovo A390 sendiri memiliki layar sebear 4 inch dengan resolusi sebesar 480 x 800 pixel dan kerapatan pixel sebesar 233 ppi. Untuk makin memberikan pengalaman dalam penggunaan layarnya, ponsel ini juga menambahkan fitur multitouch di dalamnya. untuk ponsel Android dengan harga yang murah, tentu saja layar yang diusung oleh ponsel ini sangatlah jauh meninggalkan ponsel lain di kelasnya sehingga tidak mengherankan jika ponsel ini akan menjadi buruan banyak calon konsumen.

Performa

Dalam hal performa, Lenovo A390 menggunakan prosesor MTK 6577 dual-core yang memiliki kecepatan sebesar 1GHz dan berhasil menjalankan sistem operasi Android OS v4.0.4 (Ice Cream Sandwich) yang disematkan di dalamnya. Memang spesifikasi yang diusung Lenovo ini terbilang lebih unggul dalam mengusung prosesor, namun tertinggal untuk masalah sistem operasi karena kebanyakan ponsel yang ada saat ini menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean. Tidak ada keterangan resmi apakah sistem operasi yang ditanamkan di dalam Lenovo dapat di-upgrade atau tidak.

Konektivitas

Pada Hal konektivitas, Ponsel Lenovo A390 ini mampu memacu penggunaan data hingga HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps dan juga kanal Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct dan Bluetoothv3.0 with A2DP serta microUSB v2.0 yang mampu mentransfer file dengan kecepatan yang tinggi.

Memori

Untuk urusan memori penyimpanan, Lenovo A390 memiliki daya tampung internal sebesar 4 GB dengan RAM sebesar 512MB. Jika kapasitas tersebut dirasa masih kurang, maka ponsel ini juga mampu menampung memori eksternal sebesar 32GB menggunakan microSD.

Kamera
Di sisi pengabadian gambar, Lenovo menanamkan kamera utama sebesar 5MP dan mampu mengabadikan gambar digital dengan resolusi 2592 1944 pixel dan juga dilengkapi dengan fitur standar seperti geo tagging dan lainnya. sayangnya, ponsel ini tidak menyertakan kamera sekunder yang dapat dipakai untuk kebutuhan video calling.

Baterai
Dalam hal penyimpanan daya, Lenovo A390 membawa baterai Li-ion 1500 mAh yang mampu membawa Lenovo A390 ini bertahan cukup lama dalam penggunaan normal. Dengan spesifikasi yang diusungnya, rasanya baterai dengan kapasitas ini sudah lebih dari cukup untuk membuat ponsel Anda terjaga seharian.

Harga & Kesimpulan
Setelah membahas secara rinci spesifikasi yang dimilikinya, maka sangat mudah bagi kita untuk menyimpulkan bahwa ponsel besutan produsen asal negeri tirai bambu ini benar-benar dapat diperhitungkan. Kelebihan utamanya tentu saja terletak pada layar 4 inci dan kamera berukuran 5 MP yang diusungnya.

Untuk mendapatkan ponsel ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 975ribu, sedangkan untuk harga secendnya sekitar Rp 700 ribu tergantung kondisi barang.