Jumat, 26 Juli 2013

Sejarah Buyut manis, sejarah Orang-orang Sakti

Hidup kita tak pernah lepas dari masa lalu. Sebagai manusia tentu kita punya silsilah atau garis keturunan. Disini saya sebagai admin mencoba menguak fakta sejarah beberapa orang tua kita yang punya kemampuan luar biasa.

Kritik dan saran silahkan diruang komentar, selamat mengikuti,,,,

1.Kisah Buyut Jaksa Alias Ki Patra kalasa.

Ki Patra kalasa seorang arif dan bijaksana,akibat kearifan dan kebijaksanaanya oleh Kuwu Cirebon sering diminta bantuan untuk menyelesaikan permasalah konflik yang terjadi di daerah Cirebon seperti musibah angin topan di gebang, masalah rebutan kerbau bule di Bantar Panjang,dan masalah – masalah lainnya.

Jumlah jaksa pada saat itu ada 40 jaksa dan yang dipandang paling adil dalam menangani masalah-masalah adalah jaksa dari Puncak manik oleh karena itu beliau dijuluk jaksa agung.

Selain itu kesaktian Ki Patra kalasa terkenal pula diantaranya membantu Cirebon dalam melawan serangan Belanda yang konon ceritanya Buyut jaksa Puncakmanik memainkan Pusaka berupa keris kecil dari Puncak Manik saja tetapi semua musuh Cirebon hancur.

Mungkinkah yang dimaksud keris itu adalah golok cabang? Wallahu a’lam.

Kesaktian buyut jaksa semakin terkenal kepenjuru Dunia maka suatu saat datanglah 40 orang sakti ke Puncak manic hendak mengadu ilmu, namun semuanya lumpuh tak berdaya karena benda yang mereka duduki menempel terus dengan badannya. Setelah mengaku kalah ke 40 orang sakti itu diberi makan nasi pada satu pendil kecil ternyata nasi itu tak dapat dihabiskan walaupun mereka semua kekenyangan.

2.Kisah Buyut Odog.

Buyut Odog yang bernama Ki Rangga Jati berasal dari Cipari Kuningan yang berguru ke Kyai Jambe Pitu di Puncak Manik.
Beliau memiliki kesaktian berupa tenaga yang luar biasa .
Suatu ketika Puncak Manik diserang oleh 40 orang sakti dan ke 40 orang telah dikalahkan oleh Buyut Jaksa, sehabis makan mereka minta minum, kebetulan ada pohon Kelapa berbuah lebat maka ditariknya pohon Kelapa itu hingga menempel ke tanah dan beramai-ramai ke 40 orang itu memetik kelapa yang sudah melenting sampai ketanah. Selain itu Buyut Odog di angkat sebagai panglima perang oleh Ki kuwu Cirebon.
Buyut Odog menikah dengan Nyi Mas Centring manic .

3.Kisah Bah Kuwu Cirebon Girang



Bah Kuwu Cirebon Girang berlokasi disebelah Barat Daya Pancuran Emas. Ditempat itu Raden Aria Kemuning dinobatkan sebagai Adipati Kuningan,

Ki Gede Lurah agung sebagai Lurah di Luragung,dan pengeran Raksa bumi sebagai Bendahara dengan gelar Pangeran Kuningan oleh Bah Kuwu Ciribon I ( Raden Kian Santang ) dan Bah Kuwu Cirebon II.( Raden WalangSungsang Pangeran Cakrabuana ).

Tidak ada komentar: