Jumat, 24 Mei 2013

Cara cepat agar jadi siswa yang pintar

Mendengar berita hasil kelulusan ujian nasional yang menyatakan banyak siswa yang tidak lulus ujian, hati ini miris juga. Apa yang salah dari semua ini? Kenapa semua bisa terjadi? Siapa yang patut bertanggung jawab?



Sebenarnya semua masalah ini bisa diatasi andai para siswa dan siswi mau sedikit merenung tentang bagaimana Tips agar Menjadi siswa yang pintar.

Seperti kita ketahui, Kepandaian otak manusia memang punya kwalitas yang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Hal ini bisa karena dia punya IQ yang baik semenjak lahir atau mungkin juga ada gen keturunan. Namun itu semua bukan sebuah harga mati agar siswa menjadi pintar.

Seorang yang punya IQ biasa saja juga bisa menjadi siswa yang brilian andai dia rajin mengasah otaknya.
Bagaimana cara mengasah IQ? Tentu jawabannya dengan rajin dalam belajar, rajin belajar memang jadi sebuah penopang suksesnya nilai prestasi seorang siswa. Bukankah setumpul-tumpulnya sebuah pisau kalau rajin diasah tentu akan tajam juga?

Untuk itu saya akan coba sedikit berbagi tips bagaimana caranya agar kita menjadi siswa yang pintar, silahkan ikuti beberapa uraian berikut ini :

Yang pertama , Cobalah biasakan belajar rutin setiap hari, tidak usah lama cukup 1jam saja. Untuk masalah waktu tidak perlu dengan jadwal jam yang sama, kapan saja waktu dan pikiran yang enak menurut anda. Dengan rutinnya belajar saya jamin otak dan kecerdasan berfikir anda makin terasah.

Yang kedua adalah dengan cara fokus saat anda berada diruang kelas, perhatikan dengan seksama saat guru anda memberikan penjelasan tentang pelajaran tersebut. Ini diharapkan dengan mengikuti cara diatas akan membekas di memori otak anda apa yang tadi dijelaskan oleh sang guru. Ini bukan sesuatu yang mustahil karena banyak bukti yang menunjukan seorang yang punya IQ lebih, menjadi pintar dengan cara ini walau dia malas belajar.

Yang ketiga, Ciptakan iklim persaingan prestasi dalam diri anda. Tanamkan dalam jiwa anda kalau anda harus jadi yang no 1 dalam hal prestasi belajar.
Apalagi dijaman sekarang dengan kemajuan IT yang semakin maju harus anda manfaatkan untuk kemajuan prestasi belajar anda, bukalah web atau situs, dan carilah informasi seputar bidang belajar anda sebanyak-banyaknya. Usahakan sebelum guru anda menerangkan hal tersebut anda sudah mengetahuinya.

Yang keempat, disamping anda telah menerapkan 3 hal diatas rajin-rajinlah anda berdoa kepada Allah SWT. Karena hanya Dialah yang maha pemberi ilmu dan Maha pandai. Ini semua dilakukan untuk melengkapi ujar-ujar "berusaha dan berdoa". Karena tanpa berdoa dan meminta kepada Allah kita bisa termasuk orang yang sombong, kita hanya makhluk lemah yang tanpa daya tanpa kehendakNYA.

Semoga sedikit coretan saya ini akan bermanfaat untuk melecut semangat belajar anda dan untuk memompa prestasi anda agar anda menjadi siswa dan siswi yang pandai berprestasi. Ingat masa depan negeri ini ada ditangan anda generasi penerus bangsa. Dan patut diingat pula, biaya pendidikan kini mahal harganya, kasihan orang tua anda yang telah susah payah mengumpulkan biaya sekolah anda. Bayarlah dan hargai jerih payah mereka dengan sebuah prestasi yang membanggakan bagi orangtua
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih ya mbak.. Infonya :D