Minggu, 19 Mei 2013

Atletico madrid juara liga europa tahun ini

Atletico Madrid akhirnya menjadi juara Liga Europa setelah mengalahkan Athletic Bilbao 3-0 tanpa balas di final.

Diego Ribas mempersembahkan 1gol bagi kemenangan Atletico Madrid atas Athletic Bilbao di menit ke-84 dalam final Liga Europa di Arena Națională — București.



Sebelumnya, gol-gol Atletico Madrid dicetak oleh Radamel Falcao di menit ke-7 dan menit ke-34. Radamel Falcao membawa Atletico Madrid unggul 1-0 atas Athletic Bilbao di menit ke-7. Sangstriker pun unjuk gigi. Dia merangsek ke kotak penalti di sisi kanan, lalu mantan pemain Porto ini melepaskan tendangan kaki kiri tanpa bisa dicegah Iraizoz.

Ini merupakan final pertama sepanjang sejarah ajang Eropa yang diselenggarakan di Rumania. Final edisi sekarang adalah yang kedelapan bagi Atletico di ajang Eropa.
Kesuksesan pertama terjadi1961/62 di kompetisi Piala Winner. Musim 2009/10 kali terakhir atau yang pertama bagi Atletico menjadi juara dengan format yang telah berganti Liga Eropa.

Bilbao belum pernah mengangkat trofi Eropa. Final terakhir yang mereka lakoni saat dikalahkan Juventus pada 1977 saat masih bernama Piala UEFA. Klub asal Basque ini “hanya” menang empat kali dari 11 laga. Ini merupakan final pertama sepanjang sejarah ajang Eropa yang diselenggarakan di Rumania.terakhir di semua kompetisi.

Partai puncak sesama tim Spanyol ini merupakan yang keenam, sekaligus juga memecahkan rekor yang dimiliki Italia yang pernah mementaskan dua wakilnya di final sebanyak lima kali.

Pada menit ke-34, menerima umpan matang dari ArdaTuran, Falcao langsung menendangnya keras ke gawang yang dijaga oleh Gorka Iraizoz.
Sejak menit awal Atletico memang langsung menggebrak lewat Adrian dan Falcao. Di awal-awal mereka langsung menggebrak melalui tandukan Adrian Lopez. Sayang masih melenceng.
Peluang emas didapatkan AthleticBilbao. Menerima umpan silang apik, Llorente melepaskan sepakan voli dari jarak dekat. Sayang masih melenceng tipis upayanya.

Sejauh ini penampilan Muniain yang terbilang menonjol untuk Bilbao. Ia mampu mendikte permainan dan membagi bola dengan baik. Terbukti, pada menit ke-24, Muniain dari jarak 30 meter, ia menyepak bola dengan ambisius, akan tetapi dapat ditepis Courtois,bola rebound kemudian tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Llorente. Peluang terbuang.

SUSUNAN PEMAIN:

ATLETICO MADRID:

Thibaut Courtois, Filipe Kasmirski, Diego Godín, Miranda, Gabi, Francisco Juanfran, Diego, Mario Suárez, Arda Turan, Adrián, Falcao

ATHLETIC BILBAO:

Gorka Iraizoz, Andoni Iraola, Fernando Amorebieta, Jon Aurtenetxe, Javi Martínez, Markel Susaeta, Ander Iturraspe, Ander Herrera, FernandoLlorente, Oscar de Marcos, Iker Muniaín

Tidak ada komentar: