Rabu, 10 April 2013

Hati-hati, Jangan tergiur harga barang yang di obral murah

Berita ini saya kutip dari kompas.com tanggal 5 April 2013. Tentang dugaan penipuan harga-harga barang untuk menarik pelanggan yang dilakukan oleh sebuah mini market di Polewali Mandar.

Berikut kutipan beritanya:

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com—Minimarket Alfa Midi Polewali Mandar mendapat teguran keras dari Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.

Teguran tersebut terkait dugaan penipuan harga-harga barang untuk menarik pelanggan. Minimarket Alfa Midi memajang harga barang lebih murah di konter barang, tetapi saat konsumen membayar di kasir harganya melonjak. Bagi konsumen yang tidak teliti, hal ini tentu tak disadari. Namun, mereka yang jeli berbelanja akan tahu perbedaan harga yang cukup mencolok.

Dugaan manipulasi harga-harga barang tersebut ditemukan petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta staf ahli Perekonomian dan Pembangunan Polewali Mandar saat razia pasar tradisional dan pusat-pusat swalayan ternama di daerah ini selama sepekan.

Di Alfa Midi Cabang Polewali Mandar, misalnya, petugas menemukan adanya dugaan manipulasi harga-harga barang yang merugikan konsumen. Harga susu kaleng coklat cap Bendera tertera di konter seharga Rp 7.400 per kaleng. Namun, setelah konsumen membayar di kasir, harganya berubah menjadi Rp 12.000 per kaleng atau naik lebih dari Rp 4.000. Saat razia minimarket dan toko grosir lainnya, petugas juga menemukan adanya sejumlah barang kedaluwarsa yang masih dijajakan di pertokoan atau swalayan. Selain itu, petugas juga menemukan adanya disparitas harga-harga sembako yang mencolok, seperti bawang dan cabai antara harga di pasar tradisional yang lebih murah 50 persen dari harga di sejumlah minimarket.

Petugas juga menemukan adanya sejumlah timbangan dan takaran yang tidak pas dan merugikan konsumen.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Pemda Polewali Mandar Darwin Badaruddin menegaskan, pihaknya akan memberi teguran keras kepada Alfa Midi yang menipu konsumen. Konsumen bukannya mendapat diskon, malah harganya jadi melonjak. Terkait dugaan penipuan harga, kata Darwin, pengelola Alfa Midi beralasan belum mengubah label harga di konter sehingga berbeda dengan di kasir. Namun, dia menganggap penjelasan ini tak masuk akal bagi toko besar seperti Alfa Midi. Menurutnya, minimarket yang menerapkan manajemen modern masih melakukan kesalahan fatal yang merugikan konsumen. Seperti yang pernah saya tulis tentang Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen kita sebagai Konsumen harus teliti sebelum membeli. Sudah saatnya kita menjadi Konsumen Yang Cerdas.

Sumber : Kompas.com

6 komentar:

Ruri mengatakan...

Tipu menipu dimanamana, manusia sdh pada g takut dosa kali ya?

Siska mengatakan...

Teganya boongi konsumen. Tindak y6 tgaz pak e poliz

Payz0 mengatakan...

ya itu salah satu kelemahan program barcode ya.. input harga yang mahal.. label harga yang murah

Semut Merah mengatakan...

Seharusnya kejujuran dalam berniaga dikedepankan dan itu sangat dihargai hehe,,,,

Gozzila mengatakan...

Kasus dimana mana buat kepercaan kita makin menipis. Satu berbuat curang, yg lain kena getahnya

obat pembesar penis mengatakan...

Vimax

Vimax Asli

Vimax Original

Vimax Canada

Vimax Obat

Jual Vimax

Harga Vimax

Vimax Extender

Agen Vimax

Manfaat Vimax

Ciri Vimax Asli

Vimax palsu

Obat Pembesar Penis

Obat Pembesar Zakar

Obat Pembesar Alat Vital

Cara Membesarkan Penis

Pembesar Penis Alami

Alat Bantu Seksualitas

Procomil Spray