Rabu, 20 Maret 2013

Tips membuat Halaman Sitemap

Banyak cara untuk mengenalkan blog ke mesin pencari, misalnya adalah dengan URL submission . Namun cara yang ampuh dan powerfull untuk mengenalkan situs blog ke mesin pencari adalah dengan melakukan sumbit Sitemap . Jika URL submision hanya untuk domain utama saja, maka Sitemap mencakup seluruh bagian dari situs blog itu sendiri. Sitemap adalah salah satu sarana yang mudah dibuat oleh pemilik blog/ situs untuk menginformasikan kepada mesin pencari tentang halaman atau bagian apa saja yang ada di situs blog yang bisa diindeks mesin pencari.

Secara sederhana, Sitemap merupakan halaman, bagian halaman atau berupa file yang berisi daftar link dan atributnya di situs/ blog.

Ibarat sebuah peta, Sitemap digunakan mesin pencari dan pemilik atau pengguna situs blog untuk mengetahui halaman-halaman apa saja yang ada dalam situs blog. Sitemap akan sangat berguna manakala ada beberapa halaman situs blog yang tidak bisa ditemukan oleh pencarian normal.

Pentingnya untuk men-submit Sitemap situs blog, sebagaimana yang diungkapkan oleh Google Webmaster Guidelines , yaitu : “ Wheter your site is old or new, large or smal,we highly recommend you submit a Sitemap ”. Arti bebasnya, kurang lebih : "Tidak peduli situs lama atau baru, besar atau kecil, kami sangat menganjurkan anda untuk submit Sitemap".

Oleh karena begitu besarnya fungsi sitemap, saya ingin berbagi cara membuat halaman Sitemap yang bisa anda pakai di blog/situs anda.

Caranya anda login dulu ke dashbor blog anda, lalu buat halaman baru. Namain aja Sitemap untuk judul halamannya, setelah itu isikan ini diposting anda

<script src="http://u-sup.googlecode.com/files/site-map.js.txt"> </script> <script src="http://nama-blog-anda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=500&alt=json-in-script&callback=loadtoc"> </script>

Jangan lupa ganti nama blog anda pd kode diatas, untuk result bisa anda ubah sesuai keinginan berapa jumlah link yang akan ditampilkan. Setelah beres tinggal klik publish. Untuk nama label, namain aja sitemap. Cukup simple bukan? Itu aja sob sedikit info dari saya tentang Cara membuat Halaman Sitemap, semoga bermanfaat, salam,,,,

Tidak ada komentar: