Selasa, 12 Maret 2013

Rokok Menjadi Racun yang mematikan

Berita-berita yang muncul tentang bahaya rokok terhadap perokok aktif maupun pasif sudah bukan hal yang baru lagi. Tetapi, menurut sebuah studi baru-baru ini, yang dipublikasikan oleh American Journal of Public Health , statistik bisa menunjukkan betapa seriusnya akibat rokok.

Para peneliti menemukan bahwa ada 42.000 perokok pasif yang meninggal setiap tahunnya, dan 900 bayi termasuk di antaranya. Selain itu, ada 600.000 orang yang berpotensi meninggal dunia setiap tahunnya, dan akibatnya ada 6,6 miliar USD kerugian diderita akibat berkurangnya produktifitas.

Menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Gallup, para perokok dan non-perokok tampaknya tidak menyadari bahayanya rokok, khususnya bagi perokok pasif. Dan, untuk mengetahui dengan lebih pasti bahaya rokok tersebut, maka para peneliti tersebut memeriksa penanda toksin dari rokok dalam tubuh, yang disebut cotinine. Cotinine adalah produk antara yang pasti ada dalam tubuh perokok dan jumlahnya dapat menunjukkan banyaknya nikotin yang dihisap oleh seseorang. Para peneliti tersebut mengukur kadar cotinine tersebut dalam darah orang yang meninggal akibat rokok dan mendapati bahwa tingkat kematian paling tinggi lebih diakibatkan oleh efeknya terhadap paru-paru dibandingkan pada jantung.

Disamping berakibat fatal bagi kesehatan, rokok jg menjadi hal negatif dalam keuangan keluarga. Berapa rokok yang anda habiskan dalam sehari? Kalau dalam sehari habis 1 bungkus, dan harga per bungkus 11rb, berapa kalau sebulan. Kalau sebulan=30hari berarti 11.000x30=330.000. Nah kalau dikalikan lagi 1tahun menjadi 330.000x12=3.960.000. Menjadi jumlah yg besar kalau dihitung.

Ini hanya untuk renungan saja, karena setiap orang berhak mengambil keputusan dalam hidupnya. Salam

Tidak ada komentar: