Minggu, 10 Maret 2013

Kemunculan HP Menjadikan Mimpi Buruk

Era pasar bebas begitu menghentak, membangunkan semuanya untuk selalu terjaga.

Kali ini semut ingin membahas Efek buruk yang ditimbulkan oleh mewabahnya Hp terutama di indonesia. Ya Hp, mungkin sebagian besar penduduk negeri ini tidak dikota atau didesa sudah pada memiliki Hp atau handphone. Bahkan mungkin ada yg memiliki lebih dari satu.

Hp memang sudah menjadi kebutuhan diluar sembako :D,, kita akan begitu mudah berkomunikasi dengan teman, saudara, pacar atau rekan bisnis kita.

Sebagaimana kita tahu, pertama kali ada, hp hanya sebuah sarana komunikasi saja. Tapi dengan seiring berjalannya waktu fungsi hp semakin bertambah. Banyak fitur baru yang disuntikan kedalamnya, seperti musik, kamera, games, video dan sebagainya.

Kini hp jadi multi fungsi, dan dari efek semua ini menjadikan sebuah mimpi buruk bagi dunia usaha lain. Disini semut akan membahas efek buruk yang maha dahsyat yg menghantam bisnis yg berada sebelum kemunculan hp (banyak yang nya haha....).

Yang partama adalah usaha wartel (warung telekomunisasi), ya wartellah yg paling parah menerima efek dgn munculnya hp. Dulu usaha wartel begitu digdaya, terkadang kita harus antri saking padatnya pemakai. Pemerintahpun bersikap fair karena tidak bisa begitu saja membangun usaha ini, disamping ada ijin juga ada jarak minimal dari wartel satu ke wartel lainnya. Namun kini, usaha ini tinggal kenangan. Setelah orang pada punya hp siapa yang mau ke wartel. Apalagi dengan terjadinya perang tarif dari perusahaan operator, semakin memanjakan pengguna hp dengan tarif murahnya. Usaha wartelpun satu demi satu menggulung tikarnya. Dan mungkin sekarang sudah ada yg tersisa.

Usaha yang kedua yg terkena imbas dari hp adalah perusahaan industri musik. Ya karena seperti kita tahu, hp produk sekarang hampir pasti ada fitur mp3 nya, apalagi dengan didukung kartu memori menjadikan hp memiliki daya tampung yg besar untuk menyimpan banyak lagu. Orang tidak usah susah payah merogoh saku hanya untuk membeli sekeping kaset. Pada hp kita tinggal melakukan bluetooth dengan temen kita dan lagu pun sudah ditangan,lebih simple dan gratis. Kalaupun bosan kita bisa menghapusnya dan mengganti dengan yg baru. Lebih praktis dan ekonomis.

Usaha yang ketiga adalah kamera photo, ya lagi2 hp memiliki fitur ini meski dengan fitur seadanya, kita tidak usah lagi repot2 menenteng kamera hanya untuk mengabadikan sebuah moment. Dengan hp kitapun bisa melakukannya sepuasnya.

Yang ke empat adalah perusahaan jam tangan. Orang kebanyakan hanya butuh waktu dibanding penampilan, cuma untuk tahu waktu tinggal melihat dilayar hp, lebih praktis dan hemat karena tidak usah membeli jam tangan dan mengganti baterainya.

Yang kelima adalah industri pemutar musik vcd/dvd dan sebagainya.

Mungkin itu hanya sebagian saja dari sekian jumlah usaha yang hancur yang ditimbulkan dengan maraknya Hp. Setiap munculnya teknologi baru pasti ada pihak2 yang dirugikan. Semoga saja sobat semut mah tidak ada yg terkena imbasnya. Itu aja, terima kasih anda telah membaca artikel ini Efek negatif dari munculnya Hp, semoga tidak bosan berkunjung kesini... Salam

Tidak ada komentar: