Selasa, 26 Maret 2013

Cara Mudah Mengganti Template Blog

Cara Mengganti Template Blog

Mungkin setelah sekian lama kita membuat blog, kita dihinggapi rasa jenuh dengan template blog, Sehingga timbul keinginan untuk merubah template blog dengan yang lebih menarik lagi sehingga menambah kesan istimewa terhadap blog yang kita miliki.

Ada beberapa faktor mengapa kebanyakan blogger mengganti atau merubah template blog. Diantaranya adalah selain jenuh dengan template blog yang lama juga disebabkan karena kebutuhan blog itu sendiri, atau tidak puas dengan template blog secara default yang telah disediakan blogger ketika kita baru membuat blog di blogger.

Merubah template blog tidak sulit namun perlu saya sampaikan kepada Anda bahwa jangan terlalu sering mengganti template, karena menurut beberapa sumber yang membahas mengenai SEO mengatakan, terlalu sering mengganti template blog akan berpengaruh terhadap posisi blog serta artikel blog Anda di Serp. Disamping itu juga jika Anda sering mengganti template, image terhadap blog Anda akan menurun sehingga pengunjung blog Anda sulit untuk mengenali blog Anda, karena ciri khas yang melekat pada mereka tidak lagi terlihat.

Untuk mendapatkan template blog yang menarik, cantik dan SEO friendly anda bisa mencarinya dengan search di google dengan keyword " download gratis template blog ". Disana Anda akan melihat banyak website yang menyediakan template blogger, wordpress dan lain-lain yang dapat di download secara gratis namun ada juga template blog yang berbayar alias premium template. Anda tinggal memilih sesuai dengan selera serta kebutuhan blog Anda.

Sekarang mari kita simak tutorial cara mengganti template blog yang akan saya jelaskan berikut ini.
Sebelum Anda mengganti template blog yang lama dengan template blog yang baru, perlu saya ingatkan kepada Anda untuk menyimpan widget-widget blog yang telah Anda pasang sebelumnya kedalam notepad. Karena nanti setelah Anda merubah template blog widget tersebut akan hilang.

1. Silahkan login ke ID/akun Blogger Anda
2. Pada menu dropdown, silahkan klik "template"
3. Kemudian klik opsi "Sesuaikan"


4. Silahkan pilih dan sesuikan template blog seperti yang anda inginkan, jika sudah selesai klik"Terapkan ke Blog"

Untuk mengganti template dengan template dari penyedia template gratis, cara merubahnya seperti di bawah ini :

1. Klik "template" seperti langkah 2 diatas
2. Kemudian lihat disudut layar kanan layar monitor Anda dan klik"Cadangkan/Pulihkan"
3. Silahkan Backup template lama Anda untuk berjaga-jaga jika nanti terjadi kesalahan dengan mengklik"Unduh template lengkap"
4. Kemudian extract/keluarkan file xml dari folder rar yang Anda download dari layanan penyedia template gratis tadi.
5. Selanjutnya kembali ke blogger dan klik "Browse" lalu pilih file xml template yang baru Anda keluarkan tadi, lalu klik "Unggah"
6. Tunggu hingga proses upload template selesai, lalu save template Anda dan lihat hasilnya.

Selamat, sekarang template blog Anda sudah berubah, untuk itu saya akhiri saja tutorial cara mengganti template bog ini, semoga bermanfaat.

1 komentar:

MaYa KayLa mengatakan...

gan,,,,cara lihat file xml template blog gmn ya?